" Kepada seluruh anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Malang, yang ingin bergabung untuk bisa memposting artikel dipersilahkan mengirim email sebagai permintaan ke alamat email mgmpbinsmpkabmalang@gmail.com, untuk pembaharuan. Selanjutnya buka email Anda. Terima kasih (admin)

Jumat, 27 Desember 2013

WORKSHOP/DIKLAT MGMP BAHASA INDONESIA SMP KAB. MALANG TH, 2013

(Workshop MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Malang)
      Memasuki  tahun pelajaran 2013/2014 MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Malang merancang program berupa workshop/diklat  Pengembangaan Bahan Ajar dan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 sumber dan Blok Grant tahun 2013. Kegiatan ini dilaksanakan pada mulai tanggal 1 Oktober  s.d 3 Desember 2013 setiap hari Selasa kecuali hari libur nasional. Kegiatan  diawali dengan upacara pembukaan bersama MGMP SMP Kabupaten Malang tahun pelajaran 2013/2014 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang H. Edi Suhartono.  Dalam kesempatan tersebut kepala Dinas Pendidikan menyampaikan materi terkait peran guru dalam menyonsong kurikulum 2013. 
        Kegiataan  selanjutnya  dilanjutkan dengan workshop pengembangan bahan ajar dan penyusunan RPP yang disajikan oleh nara sumber dari Instruktur Kurikulum 2013 Pengawas Sekmen Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Drs. Fathul Muhaimin, M,Si. , Dra, Venus Yuliana, M.Si. Intruktur Kurikulum 2013 sekolah binaaan dan Guru Inti MGMP Bahasa Indonesia dan Suwardoyo, S.Pd. M.MPd. guru Inti MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Malang. 
            Kegiatan workshop MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Malang  ini dilaksanakan dengan pola dukung 80 jam mengambil tempat di Sanggar MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Malang di SMP Negeri 1 Kepanjen Jl. Adiwacana No. 19 Ardirejo Kepanjen Kabupaten Malang menempati ruang multi media. 
              Workshop/diklat diikuti oleh guru SMP Negeri Kabupaten Malang sejumlah 30 orang peserta aktip MGMP Bahasa Indonesia SMP. Dalam kegiatan ini juga dimonitoring oleh unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebanyak dua kali kunjungan. 
                Dipilihnya tema workshop di atas  mengingat para guru saat ini  belum memiliki persiapan yang memadai guna mengimplementasikan Kurikulum 2013 terkait bahan ajar dan RPP.  Hasil workshop/diklat adalah peserta memiliki produk pengembangan bahan ajar/modul  dan RPP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang tahun 2014 secara serentak dilaksanakan mulai kelas 7 dan 8.   (by. Lisa Wardani)
        

0 komentar:

Posting Komentar